Formula Bisnis ClickBank
TEMPO Interaktif, Ohio -Berpikirlah dua kali sebelum membuang air seni Anda. Penelitian terbaru menunjukkan cairan buangan ini dapat diolah menjadi bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.
Adalah peneliti dari Universitas Ohio, Gerardine Botte, yang mempelajari teknik ekstraksi air seni menjadi hidrogen. Ia menyarikan hidrogen dari molekul urea yang terdapat di dalam air seni.

Dalam penelitian ini ia memanfaatkan teknik elektrolisis untuk memisahkan hidrogen dari molekul urea. Pemisahan ini membutuhkan energi tiga kali lebih kecil dibandingkan pemisahan hidrogen dari molekul air. “Selama proses elektrokimia, urea akan diserap ke permukaan elektroda nikel, melepaskan elektron yang dibutuhkan untuk memecah molekul,” kata Botte.

Teknologi ciptaan Botte bisa diterapkan di pusat keramaian seperti terminal, bandara, dan stadion olah raga. Air seni yang ditampung dari gedung perkantoran yang terdiri atas 200 hingga 300 orang pekerja mampu menghasilkan energi sebesar 2 kilowatt.

Pusat peternakan juga bisa memanfaatkan teknologi ini. Air seni dari 1.000 sapi bisa menghasilkan energi sebesar 40 hingga 50 kilowatt.

Hasil penelitian yang telah diterbitkan oleh jurnal ilmiah Chemical Communications ini diharapkan bisa mendorong pemanfaatan sumber energi alternatif yang terabaikan namun tetap ramah lingkungan.

Physorg.com | ANTON WILLIAM